RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMA…………………………………….
Mata pelajaran : Pendididkan Agama Islam
Mata pelajaran : Pendididkan Agama Islam
Kelaas/semester :
Alokasi waktu :
A . STANDAR
KOMPETENSI
3. Meningkatkan keimanan kepada allah swt melalui
pemahaman sifat sifatnya dalam asmaul husna (aspek aqidah)
B . KOMPETENSI DASAR
3.1
menyebutkan 10 sifat allah dalam asmaul husna
3.2
menjelaskan arti 10 sifat allah dalam asmaul husna
3.3
menampilkan prilaku yang mencerminkan
keimanan terhadap 10 sifat allah dalam asmaul husna
C . INDICATOR
3.1.1
menyebutkan sifat sifat allah
3.1.2 menjelaskan
pengertian sifat sifat allah
3.1.3
menyebutkan 10 sifat allah dalam asmaul husna ( al-awwal,al baqi’,al-qayyuum,
al-muqtadir,al-wahid,al-malik,al-‘alim, al-hayy,al-basir,al-sami’)
3.2.1
menjelaskan 10 sifat yang terdapat dalam asmaul husna
3.2.2
menjabarkan 10 sifat allah kedalam sifat manusia
3.3.1
menyebutkan tanda tanda beriman kepada hari akhir
3.3.2
menunjukkan contoh contoh sikap yang mencerminkan keimanan terhadap 10 sifat
allah dalam asmaul husna
3.3.3 mempraktekkan
sifat allah dalam asmaul husna yang sepatutnya bagi manusia dalam kehidupan
sehari hari
3.3.4
menerapkan prilaku mencerminkan penghayatan terhadap 10 sifat allah dalam
asmaul husna
D . TUJUAN PEMBELAJARAN
3.1.1
menyebutkan sifat sifat allah
3.1.2
menjelaskan pengertian sifat sifat allah
3.1.3
menyebutkan 10 sifat allah dalam asmaul husna ( al-awwal,al baqi’,al-qayyuum,
al-muqtadir,al-wahid,al-malik,al-‘alim, al-hayy,al-basir,al-sami’)
3.2.1
menjelaskan 10 sifat yang terdapat dalam asmaul husna
3.2.2
menjabarkan 10 sifat allah kedalam sifat manusia
3.3.1
menyebutkan tanda tanda beriman kepada hari akhir
3.3.2
menunjukkan contoh contoh sikap yang mencerminkan keimanan terhadap 10 sifat
allah dalam asmaul husna
3.3.3 mempraktekkan
sifat allah dalam asmaul husna yang sepatutnya bagi manusia dalam kehidupan
sehari hari
3.3.4
menerapkan prilaku mencerminkan penghayatan terhadap 10 sifat allah dalam
asmaul husna
E . MATERI PEMBELAJARAN
3.1.1 sifat
sifat allah
3.1.2
pengertian sifat sifat allah
3.1.3 10
sifat allah dalam asmaul husna ( al-awwal,al baqi’,al-qayyuum,
al-muqtadir,al-wahid,al-malik,al-‘alim, al-hayy,al-basir,al-sami’)
3.2.1 arti
10 sifat yang terdapat dalam asmaul husna
3.2.2
jabaran 10 sifat allah kedalam sifat manusia
3.3.1 tanda
tanda beriman kepada hari akhir
3.3.2
contoh contoh sikap yang mencerminkan keimanan terhadap 10 sifat allah dalam
asmaul husna
3.3.3
praktekkan sifat allah dalam asmaul husna yang sepatutnya bagi manusia dalam
kehidupan sehari hari
3.3.4
penerapan prilaku mencerminkan penghayatan terhadap 10 sifat allah dalam asmaul
husna
F . IMPLEMENTASI NILAI BUDAYA DAN KARAKTER BANGSA
1.
Religious ( taat menjalankan ajaran agama ) dan
adat basandi syara’ syara’ basandi kitabullah
syara’ mangato adat mamakai
2.
Jujur (
shiddiq) dan nan bana di tagakkan
3.
Kreatif ( tajdid) dan ndak rotan aka pun jadi,
kok duduak marawik ranjau
4.
Toleransi ( tasamuh) dan lamak dek awak katuju
dek urang, urang mandapek urang indak kahilangan, baso elok budi katuju
5.
Disiplin (taat, istiqomah dan idhibath) dan alua
jo patuk, patuik jo mungkin
6.
Kerja keras ( mujahaddah ) dan nak kayo kuek
mancari, nak pandai kuek baraja,nak mulie tapek-I janji, nak labo namuah marugi
7.
Mandiri (nafsiah (jati diri) dzatiah perbuatan
baik yang muncul dari diri sendiri) dan indak mangok ka lua badan
8.
Demokratis ( musyawarah) dan saciok bak ayam
sadanciang bak basi, kabuki samo mandaki kalurah samo manurun
9.
Rasa ingin tahu ( himmah) dan alam takambang
jadi guru
10.
Semangat kebangsaan ( syu’ubyah (kebangsaan) dan
wataniyah) dan suku indak dapek di asak, gala indak dapek diagiah/dialiah,
kampuang ndak dapek di tuka
11.
Cinta tanah air (baldatun thayyibatun wa robbun
ghofuur ) dan tagak kampuang mamaga kampuang, tagak nagari mamaga nagari
12.
Menghargai prestasi ( fastabiqul khairat) dank
ok manang jan manapuak dado kok kalah jan manyasa
13.
Gemar membaca (tadarus ) dan dibalik tatulih ado
nan indak tatulih , alam takambang jadi guru bumi tabantang tampek diam
14.
Cinta damai ( mahabbah) dan raso di bao naiak,
pareso di bao turun, kaluak paku kacang balimbiang tampuruang lenggang
lenggangkan di bao nak urang ka saruaso , anak di pangku kamanakan di bimbiang
urang kampuang di patenggangkan, jago nagari jan binaso
15.
Bersahabat/ komunikatif ( ukhuwwah) dan nan tuo
di hormati , nan ketek di sayangi, samo gadang lawan baiyo
16.
Peduli lingkungan ( ishlah, melestarikan dan
tidak merusak ) dan jago nagari jan binaso, jago kampuang jan ditinggakan
17.
Peduli social ( ta’wuun ( tolong menolong)) dan kaba baiak baimbauan, kaba buruak
bahambauan
18.
Tanggung jawab ( amanah) dan tangan mancancang
bahu mamikua, barani karano bana takuik karano salah
G . METODE PEMBELAJARAN
Dengan mempergunakan model pembelajaran “ peer
lesson “ (pembelajaran dengan teman sebaya).
H . LANGKAH LANGKAH PEMBELAJARAN
No
|
KEGIATAN
|
Waktu/
Menit
|
Ket
|
|||
Explorasi
|
Konfirmasi
|
Elaborasi
|
||||
I
|
PERTEMUAN PERTAMA
|
90
|
||||
1
|
Kegiatan Pendahuluan
|
15
|
||||
1.1 Pembukaan belajar (
pembacaan alqur an absensi siswa)
|
||||||
1.2 Apersepsi materi dengan
jalan mengajak siswa bertanya jawab tentang pengertian dan dalil naqli
beriman kepada allah
|
||||||
1.3 Memotivasi siswa untuk
mengikuti kegiatan pembelajaran karena allah swt dengan segala sifatnya akan
selalu mengamati dan membalasi segala amal perbuatan yang di lakukan manusia
di bumi dengan yang setimpal
|
||||||
2.
|
Kegiatan Inti
|
65
|
||||
2.1 Memadu siswa untuk membagi
kelompok menjadi 4 kelompok
|
||||||
2.2 Memadu siswa untuk mematuhi standar kompetensi, indicator, serta
kerangka materi yang berkaitan dengan iman kepada hari akhir
|
||||||
2.3 Memadu siswa untuk
berdiskusi dengan jalan membaca berbagai literatu yang telah di bawa oleh
siswa dari rumah dan perpustakaan sekolah, untuk merumuskan dan menguasai
konsep konsep yang berkaitan dengan kompetensi dasar dan indicator yang
berkaitan dengan ‘ BERIMAN KEPADA HARI
AKHIR ‘ dengan tugas masing masing kelompok.
Sebagai
berikut :
|
||||||
Kelompok 1 tentang : al ahad dan al hayyu
|
||||||
Kelompok 2 tentang : al baqqi dan al malik
|
||||||
Kelompok 3 tentang : al qadhiru dan al awwalu
|
||||||
Kelompok 4 tentang : al aliim dan al qayum
|
||||||
2.4 Mempresentasikan rumusan
materi dari hasil diskusi masing masing kelompok kepada kelompok lainnya
dengan langkah
Sebagai
berikut :
|
||||||
A . Di mulai oleh kelompok 1
|
||||||
B . Anggota
kelompok 1 berpencar kepada 4 kelompok lainnya untuk mempresentasikan rumusan
materi kelompoknya kepada setiap kelompok yang dikunjunginya
|
||||||
C . kelompok yang
dikunjungi di berikan kesempatan untuk menenggapi atau bertanya jawab dengan
yang mempresentasikan materinya
|
||||||
D . kelompok yang dikunjungi juga diberikan kesempatan
untuk memberikan penilaian kepada yang mempresentasikan dengan menggunakan
lembaran yang telah disediakan oleh guru
|
||||||
E . setelah anggota kelompok selesai mempresentasikan
materinya kembali ke kelompoknya untuk mendiskusikan atau menanggapi
pertanyaan yang tidak bisa di jawab oleh kelompoknya
|
||||||
F . waktu yang diberikan kepada setiap kelompok untuk
mempresentasikan dan menaggapi pertanyaan kelompok lainnya kurang lebih 20 menit
|
||||||
G . setelah waktu diberikan kepada kelompok 1
|
||||||
H . Guru memandu siswa bertanya jawab dan menambahkan
penjelasan tentang materi yang belum di fahami oleh siswa
|
||||||
3.
|
KEGIATAN PENUTUP
|
10
|
||||
3.1 menyimpulkan hasil diskusi dengan jalan memandu siswa untuk
bertanya jawab materi yang telah didiskusikan
|
||||||
3.2 memandu siswa untuk melakukan perenungan dalam menyikapi materi
yang telah di pelajari dalam kehidupan sehari hari
|
||||||
3.3 Menutup pertemuan pertama dan memberikan tugas kepada kelompok
yang belum tampil untuk mempersiapkan diri lebih baik lagi untuk diskusi pada
pertemuan berikutnya
|
I . PENILAIAN
Penilaian di lakukan bersama dengan kegiatan pembelajaran dikelas.
Adapun penilaian yang dilakukan sebagai berikut :
1. TER TERTULIS
Tes tertulis dilakukan dengan memberikan
soal soal yang berkaitan dengan kompetensi yang harus dikuasai siswa dalam
bentuk pilihan ganda dan uraian bebas.
a)
Contoh soal tes
1)
Berilah tanda silang (x) huruf a, b, c, d
atau e pada jawaban yang benar !
1.
Al - awwal merupakan salah satu asmaul husna
allah swt, yang berarti :
a.
Maha awwal
b.
Maha kuasa
c.
Maha berkehendak
d.
Maha berdiri sendidir
e.
Maha kekal
2.
Al - baqi’ merupakan asmaul husna yang berarti
allah swt maha kekal, sifat allah yang sesuai dengan sifat tersebut adalah :
a.
Qidam
b.
Qudrat
c.
Baqa
d.
Wadaniah
e.
Hayat
3.
Allah memiliki sifat wajib hayat, asmaul husna
allah yang cocok dengan sifat tersebut adalah :
a.
Al-hafiz
b.
Al-hayy
c.
Al-qayyum
d.
Al-‘alim
e.
Al-sami’
4.
Asmaul husna allah swt Al-malik merupakan
cerminan sifat allah :
a.
Qudrat
b.
Iradat
c.
Sama’
d.
Mukhalifatul lilhawadist
e.
Ilmu
5.
Allah swt menciptakan alam semesta beserta
isinya telah ada sebelum makluk-Nya. Asmaul husna yang sesuai adalah :
a.
Al-hafiz
b.
Al-hayy
c.
Al-qayyum
d.
Al-‘alim
e.
Al-sami’
2) Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan
benar !
1.
Jelaskan asmaul husna al- baqi’!
2.
Jelaskan cara cara menauladani asmaul husna alla
swt tersebut !
3.
Sebutkan lima sifat yang wajib dan mustahil atas
allah swt!
4.
Apa yang kamu lakukan jika ada orang yang
menyatakan bahwa tuhan itu lebih dari satu ?
b)
Kunci
Terlampir
c)
Bobot penilaian
a)
Soal pilihan ganda sebanyak 20 soal dengan bobot
setiap soal 4
b)
Soal uraian bebas sebanyak 4 buah dengan bobot
setiap soal 5
2. TES KINERJA
Tes kinerja dalam materi ini di lakukan
untuk mengetahui kinerja siswa dalam berdiskusi secara kelompok dan kemampuan
individu siswa dalam mempresentasikan materi kepada kelompok lainnya dengan
menyediakan lembaran pengamatan siswa terhadap teman temannya dan pengamatan
guru terhadap kemampuan siswa dalam berdiskusi.
a. Table pengamatan keterampilan siswa dalam mempresentasikan materi kepada kelompok lainnya
No
|
NAMA SISWA
|
ASPEK
PENILAIAN
|
JML
|
KET.
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||||
1
|
||||||||
2
|
||||||||
3
|
Keterangan :
1.
Cara mempresentasikan
2.
Kemampuan menaggapi masalah yang muncul
3.
Penguasaan materi
4.
Sikap dalam mempresentasikan
5.
Referensi yang digunakan dalam beragumentasi
b. Table pengamatan kerja siswa
No
|
NAMA SISWA
|
ASPEK
PENILAIAN
|
JML
|
KET.
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||||
1
|
||||||||
2
|
||||||||
3
|
Keternangan :
1.
Kerja sama kelompok
2.
Sikap dalam berdiskusi
3.
Kemampuan dalam menganalisa masalah
4.
Referensi yang dipergunakan dalam beragumentasi
5.
Rumusan hasil diskusi
3.
Produk
Penilaian produk dilakukan pada hasil kerja
kelompok siswa dalam bentuk laporan hasil diskusi dengan jalan menyediakan
lembaran penilaian laporan diskusi.
Table lembaran penilaian laporan hasil
diskusi :
NO
|
KELOMPOK
|
HASIL PENGAMATAN
|
KET.
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
1
|
|||||||
2
|
|||||||
3
|
|||||||
…
|
Keterangan :
Yang perlu di amati dari kertas
kerja kelompok lain adalah :
1.
Ketepatan materi
2.
Kerapian/ keindahan
3.
Sistematika penulisan
4.
Ketepatan analisis
5.
Bahasa yang dipergunakan
J . SUMBER BELAJAR
J . SUMBER BELAJAR
1.
Pendidikan agama islam kelas x, penerbit :
Grafindo media pratama tahun 2008.
2.
Pendidikan agama islam kelas x, penerbit :
Grafindo media pratama tahun 2008.
3.
Buku buku yang relevan
Solok, ……………………………………
|
||
Mengetahui :
|
Guru Mata Pelajaran
|
|
Kepala Sekolah
|
Wakil Kurikulum
|
Pendidikan Agama Islam
|
……………………………………………
|
………………………………………………
|
………………………………………………
|
NIP………………………………………
|
NIP………………………………………
|
NIP………………………………………
|
Post a Comment