Header Ads

test

KEGIATAN PEREKAMAN MEDIA AUDIO VISUAL


BAB I
PENDAHULUAN
A.  Latar Belakang
Dalam kehidupan sehari-hari komunikasi yang bersifat auditif sangat mendominasi kehidupan manusia. Demikian pula dengan kegiatan pengajaran, mulai dari tingkat sekolah dasar sampai ke perguruan tinggi, penggunaan komunikasi audio sangat banyak diperlukan dibandingkan dengan kegiatan komunikasi yang lainnya. Hasil penelitian menunjukkan keadaan tersebut.
Pemanfaatan media audio dalam pembelajaran adalah di pergunakan untuk pembacaan sajak, dokumentasi, pengajaran bahasa asing dan untuk berbagai jenis materi.
Media sangat di butuhkan dalam kegiatan pembelajaran, karena melalui media tujuan akan mudah tercapai dan anak didik mudah untuk memahami serta juga menarik dalam pembelajaran.
B.  Rumusan Masalah
a.    Pengertian Media Audio
b.    Penggunaan Dalam Kegiatan Pembelajaran
c.    Kegiatan Perekaman
d.   Penulisan Naskah Audio
e.    Fasilitas dan Fungsi Peralatan Audio
C.  Tujuan
Untuk mempelajari seluk beluk  media audio agar dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan serta bertujuan untuk melengkapi tugas yang di  berikan oleh dosen.

BAB II
KEGIATAN PEREKAMAN MEDIA AUDIO VISUAL
A.  Pengertian Media Audio
Media audio adalah media atau bahan yang mengandung pesan dalam bentuk auditif (pita suara atau piringan hitam) suara dapat merangsang pikiran dan perasaan pendengar sehingga terjadi proses belajar.
Media audio berkaitan dengan media pendengaran, pesan yang akan disampaikan di tuangkan kedalam lambing-lambang auditif, baik verbal (kedalam kata-kata/bahasa lisan) maupun nin verbal.
a.    Karakteristik Media Audio
a)    Pemusatan perhatian dan mempertahankan pemusatan perhatian
b)   Mengikuti pengarahan
c)    Digunakan untuk melatih daya analisis siswa dari apa yang mereka dengar
d)   Perolehan dari dari suatu konteks
e)    Memisahkan kata atau informasi yang relevan dan yang tidak relevan
f)    Mengingat dan mengemukakan kembali idea tau bagian-bagian dari cerita yang mereka dengar
b.    Jenis-jenis Media Audio
a)    Radio
Merupakan salah satu yang di cocok digunakan dalam music dan bahasa, karena lewat media audio maka anak akan mudah memahami bahasa serta akan lebih mudah untuk mengetahui intonasi dalam pengucapan.
Radio dapat memusatkan perhatian siswa pada kata-kata yang digunakan, pada bunyi dan artinya. Radio juga dapat meningkatkan imajinasi anak serta merangsang partisipasi aktif pendengar.
b)   Alat Perekam Pita Magnetik atau Tape Recorder
Alat perekam pita magnetic atau tape recorder adalah salah satu media pendidikan yang tak dapat diabaikan dalam menyampaikan informasi, karena mudah menggunakannya.
Alat perekam pita magnetic mempunyai fungsi ganda yang efektif sekali, untuk merekam, menampilkan rekaman dan menghapusnya. Pita rekaman daya jangkauannya terbatas dan biayanya juga lebih mahal.
c)    Labolatorium Bahasa
Laboratium bahasa adalah alat untuk melatih siswa mendengar dan berbicara dalam bahasa asing dengan cara menyajikan materi pelajaran yang disiapkan sebelumnya.
c.    Kelebihan dan Kelemahan Media Audio
a)    Kelebihan
                         i.Media audio dapat melatih siswa untuk mengembangkan daya imajinasi yang abstrak
                       ii.Media audio dapat merangsang partisipasi aktif para pendengar
                     iii.Media audio dapat menggugah rasa ingin tahu siswa tentang sesuatu sehingga dapat merangsang kreatifitas
                     iv.Media audio dapat menanamkan nilai-nilai dan sikap positif terhadap pendengar yang sulit dicapai dengan media lain
                       v.Media audio dapat menyajikan  laporan-laporan yang actual dan orisinal
                     vi.Media audio dapat mengatasi batasan waktu serta jangkauannya sangat luas.

b)   Kekurangan
                         i.Sifat komunikasinya satu arah
                       ii.Hanya menggunakan suara dan bahasa verbal
                     iii.Hanya mampu melayani secara baik untuk mereka yang biasa berfikir abstrak
                     iv.Penyajian materi dapat menimbulkan verbalisme terhadap pendengar
                       v.Sulit untuk melakukan pengontrolan
B.  Penggunaan Dalam Pembelajaran
Pemanfaatan media audio dalam kegiatan pembelajaran dapat digolongkan dalam beberapa bagian, diantaranya :
a.    Audio card instruction, yaitu pengajaran melalui suatu kartu bergambar atau bertulisan.
b.    Pengajaran dengan menggunakan suatu recorder bagi suatu kelompok kecil
c.    Pengajaran untuk belajar mandiri
d.   Pengajaran untuk keperluan tutorial
e.    Rekaman sebagai alat evaluasi
C.  Kegiatan Perekaman
Jenis-jenis kegiatan perekaman tergantung dari beberapa jenis kegiatan berikut :
a)    perekaman sendiri, sehingga siswa dapat memutar kembali suaranya sendiri.
b)   Kegiatan perekaman yang berulang-ulang pada kegiatan peniruan
c)    Latihan menyusun dan menyatukan beberapa materi yang telah di pilih
d)   Perekaman dan pemilihan materi guna keperluan suatu penyajian untuk di analisis dalam suatu bidang
e)    Perekaman sebagai suatu kegiatan perencanaan dan melatih keterampilan perekaman
f)    Latihan perekaman audio yang sinkron
g)   Rekaman yang di gunakan untuk melatih penampilan dalam berbicara atau pidato
h)   Perekaman sebagai suatu kegiatan latihan perekaman suara yang baik serta asli dan jelas
Teknik perekaman bagi pembuatan materi pengajaran sesuai dengan tuntutan kurikulum, seperti :
a)    Untuk pengajaran bahasa asing
Dalam kegiatan ini dipergunakan peralatan laboratorium bahasa, dengan menggunakan peralatan yang ada di laboratorium bahasa perekaman ini dapat dilakukan dengan mudah dan sinkron.
b)   Pidato
Kegiatan ini memberikan kesempatan pada siswa untuk menilai sendiri dalam cara mengutamakan pikiran, pengucapan, lagu kalimat, kecepatan berbicara dan ekspresi dalam berpidato.
c)    Music
Dalam latihan music dapat diarahkan kepada tujuan pencapaian beberapa keterampilan yang diharapkan, dengan mengevaluasi dan memperbaikinya sendiri.
d)   Pendidikan bisnis
Materi yang telah direkam atau instruksi yang telah di siapkan dapat digunakan untuk memperkenalkan, mengarahkan hal-hal yang diperlukan dalam membimbing latihan keterampilan, misalny mengetik.
e)    Pendidikan fisik
Merekam segala kesan-kesan dan pengalaman dari lapangan secara oral tentang apa yang telah mereka lakukan dan temui, guna kepentingan masukan atau penilaian selanjutnya.
f)    Pendidikan seni
Kegiatan merekam segala pembicaraan yang didapatkan  dari suatu kunjungan pameran atau peninjauan ke sanggar seni tentang karya-karya yang kreatif mudah di lakukan.
g)   Perekaman kegiatan diskusi
Kegiatan perekaman suatu diskusi dapat dipakai bahan untuk membuat suatu kritikan atau evaluasi terhadap jalannya diskusi.
h)   perekaman untuk suatu interview
sebagai contoh pada saat kita mewawancarai seorang seniman yang telah berpengalaman atau dengan seniman pembuatnya.
i)     Perekaman untuk siaran radio pendidikan
Siaran radio pendidikan diarahkan pada beberapa usaha, diantaranya : perombakan atau perkembangan dalam suatu bidang, siaran yang ditujukan kesekolah baik kegiatan pendidikan yang bersifat formal maupun non formal.
j)     Perekaman simulasi siaran radio
Dalam kegiatan perekaman simulasi memungkinkan siswa menemukan nilai-nilai yang baik dalam pengalaman merencakan suatu drama, menulis dan membaca skrip yang baik atau cara menampilkan dan memilih music dan sound effect yang tepat, memproduksi sound effect yang baik bagi keperluan drama.
k)   Penyebaran perekaman pita suara
Penyebaran perekaman pita suara dalam bentuk kaset sangat popular di Indonesia.seandainya lapangan pendidikan menggunakan cara ini seperti halnya lapangan hiburan, maka kaset akan mulai berfungsi sebagai alat atau media pendidikan masal yang sangat efektif.
D.  Penulisan Naskah Audio
Ada tiga factor yang harus diperhatikan dalam penulisan naskah audio, diantara :
a.    Penelitian atau observasi
Penelitian ditujukan untuk mengetahui keadaan sasaran yang akan mendengarkan program. Keadaan mereka tentang kebutuhan, tingkat pengetahuan, sikap, kebiasaan, tingkah laku, kebudayaan dan bahasa mereka.
b.    Penentuan bentuk dan format naskah
Ada beberapa hal yang dapat menentukan bentuk dan format dalam oenulisan naskah, diantaranya :
a)    Tujuan pengajaran
b)   Tujuan untuk menarik minat atau membangkitkan daya apresiasi
c)    Bentuk laporan atau reportase dan berita akan bias membangkitkan daya efektif
Bentuk yang bias di pakai dalam menulis naskah atau skrip program audio adalah: uraian atau ceramah, berita, laporan, dialog atau monolog, reportase, wawancara, diskusi, feature, majalah udara dan sandiwara atau drama.
c.    Penulisan skrip
Criteria dalam penulisan naskah audio, diantarnya ;
a)    Bentuk format atau penulisan naskah dimulai dengan halaman identifikasi, yang biasanya tidak diberi nomor halaman. Pada halaman ini biasanya redapat hal-hal nama badan penyelenggara program tersebut, identifikasi program, siapa penulisnya dan siapa yang memproduksi naskah tersebut.
b)   Menulis naskah harus diusahakan menghindari penggunaan kata-kata atau kalimat yang sukar atau terlalau panjang
c)    Dalam menulis skrip, halaman kertas harus dibagin dua kolom, sebelah kiri kira-kira 1/3 yang digunakan untuk menulis nomor urut adegan atau pergantian pelaku dan kanan 2/3 yang digunakan untuk menuliskan penggambaran situasi dalam suatu adegan.
E.  Fasilitas dan Fungsi Peralatan Media Audio
Beberapa peralatan pokok untuk perekaman audio, diantaranya :
a.    Mikrofon, alat ini merupakan ditektor yang merubah gelombang suara menjadi gelombang elektronis. Mikrofon terdiri atas, mikrofon ribbon, dynamic microphone, condensor microphone, dan jenis lavalier.
b.    Perekam (recorder), merpukan alat perekam atau penyimpan gelombang suara dalam bentuk gelombang magnetic yang bias diperdengarkan kembali bila diperlukan.
c.    Alat pemutar hasil rekaman (layer), berfungsi untuk memutar kembali hasil rekaman dan sebagai sumber suara terhadap perekam.
d.   Alat penyampur (mixer), dimaksudkan sebagai alat untuk menyatukan atau mengatur signal-signal suaru dari satu sumber.









BAB III
PENUTUP
A.  Kesimpulan
Manfaat media audio dalam pengajaran terutama dirasakn benar dalam melatih bahasa asing, music, belajar jarak jauh, dan paket belajar atau modul untuk tujuan belajar mandiri.
Ada beberapa keuntungan yang dapat di peroleh dari media audio adalah melatih daya ingat dan mengungkapkan kembali gagasan cerita yang telah disimak.
Sedangkan kelemahannya adalah dalam penggunaannya harus memerlukan latihan yang khusus dan pendengar harus memiliki perbendaharaan kata-kata yang banyak.
B.  Saran
Dalam penulisan makalah ini penulis hanya menggunakan beberapa referensi maka dari itu apabila terdapat banyak kekurangan dan kesalahan penulis mohon kritik dan saran yang membangun dari pembaca untuk kesempurnaan makalah selanjutnya.
erickyonanda

Tidak ada komentar