PEMILIHAN MEDIA PEMBELAJARAN
Pemilihan
Media Pembelajaran Memilih media yang baik untuk pembelajaran bukanlah
pekerjaan yang mudah untuk dilakukan. Untuk kebutuhan suatu Proses
Belajar Mengajar (PBM), masalah pemilihan media perlu dikuasai oleh
guru. image%25255B3%25255D Pemilihan media pembelajaran yang baik dapat
menghindari adanya kegagalan dalam mencapai tujuan pembelajaran dengan
menggunakan media. Jika suatu media digunakan untuk memfasilitasi suatu
proses belajar mengajar maka media itu harus dipilih dan digunakan
karena media ini memiliki potensi untuk mempermudah belajar.
Gerlach
& Ely ( dalam Sihkabuden, 2005: 46 ) mengemukakan dalam
penggunaannya, media tidak dapat langsung digunakan begitu saja oleh
pengajar karena diperlukan suatu prosedur dalam proses pemilihannya.
Oleh sebab itu, pemilihan dan penggunaan media harus benar-benar tepat
agar tujuan yang diinginkan dapat tercapai dengan mudah. Pada akhirnya,
pemanfaatan dan penggunaan media dapat menunjang efektifitas, efisiensi
dan daya tarik dalam pembelajaran. Kearsley (dalam Sihkabuden, 1985: 46)
mengungkapkan prosedur dalam pemilihan suatu media dalam proses belajar
mengajar sebagai berikut : Identifikasi ciri-ciri media yang diperlukan
sesuai dengan kondisi.
Identifikasi karakteristik pebelajar.
Identifikasi karakteristik lingkunangan belajar berkenaan dengan media
yang akan digunakan. Identifikasi pertimbangan praktis yang memungkinkan
media mana yang mudah digunakan dan dilaksanakan. Identifikasi faktor
ekonomi. Mudhoffir (1999: 82) dalam bukunya Teknologi Instruksional,
menyebutkan ada beberapa prinsip pemilihan media adalah sebagai berikut :
Kesesuaian dengan tujuan pengajaran Tingkat kemampuan siswa
Ketersediaan media Biaya Mutu teknik media. Sedangkan Brown, Lewin &
Harcleroad (dalam Sihkabuden, 1985: 47) mempunyai pendapat dalam
prinsip-prinsip pemilihan suatu media yaitu: Tidak ada media yang
menggantikan kedudukan dan peranan guru seratus persen dalam kelas.
Tidak ada satupun media yang paling untuk mencapai tujuan pembelajaran.
Media harus sesuai dengan tujuan pembelajaran. Media harus
mempertimbangkan kesesuaian antara penggunaan dan cara pembelajaran yang
dipilih. Pemilihan media jangan hanya bergantung pada pemilihan dan
penggunaan media tertentu saja. Pemakaian media harus dilandasi dengan
pemanfaatan yang baik dan juga didukung oleh faktor lingkungan.
Pengalaman, kesukaan, minat dan kemampuan individu serta gaya belajar
mungkin berpengaruh terhadap hasil penggunaan media. Prinsip pemilihan
media pembelajaran menurut Harjanto (1997:238) yaitu:
1) tujuan;
2)
keterpaduan;
3) keadaan peserta didik;
4) ketersediaan;
5) mutu teknis;
6) biaya.
Jadi dapat disimpulkan bahwa prinsip-prinsip media pemilihan
media pembelajaran adalah : Media yang dipilih harus sesuai dengan
tujuan dan materi pembelajaran, metode pengajaran yang digunakan, serta
karakteristik siswa. Mengenali ciri-ciri tiap media pembelajaran
Pemilihan media pembelajaran harus berorientasi pada peningkatan
efektivitas belajar siswa. Pemilihan media harus mempertimbangkan biaya
pengadaan, ketersediaan bahan media, mutu media, dan lingkungan fisik
tempat belajar siswa.
anda tertarik dengan bisnis online baca klik sini ...
Post a Comment