Header Ads

test

MAKNA TANGISAN

MAKNA TANGISAN




Menangis bukan sekedar pelampiasan perasaan. Menangis merupakan reaksi atas tersentuhnya hati oleh sebuah kejadian. Arti air mata yang tercurah saat menangis merupakan ungkapan perasaan atas kebahagiaan, kekecewaan juga kesedihan.

Tangis adalah anugerah bagi hidup dan hati agar senantiasa menyadari fitrah kemanusiaan yang begitu indah, tetapi lemah dan tak berdaya atas kuasa Yang Maha Perkasa.

Menangis sudah menjadi identitas manusia sejak dilahirkan, bahkan bagi bayi, menangis dapat disimbolkan sebagai pemberitahuan bahwa ada masalah pada bayi, mungkin merasa sakit atau tidak nyaman. Menangis menjadi hal pertama yang bisa dilakukan generasi Adam dan Hawa di bumi ini. Sebelum bisa bicara, sebelum mampu tertawa, sebelum siap berjalan, tangis itu sudah ada pada diri tiap manusia. Tanpa diajarkan pun, semua bayi, semua anak, semua manusia bisa menangis karena tangis merupakan fitrah yang melekat pada kemanusiaan. Tangis merupakan bentuk kepekaan yang bisa menjadi alat pendeteksi perasaan seseorang. Ketika menangis, biarkan menangis, jangan dipendam. Menangis bukanlah kesalahan yang harus dihakimi. Menangis itu kebebasan jiwa untuk mengungkapakan perasaan yang tersimpan, yang tersisa dan terbiar di dasar keinginan.

Secara psikologis, menangis mampu membuat perasaan menjadi lebih baik, nyaman, dan tenang karena tangisan dapat membantu menyingkirkan kimiawi stres dalam tubuh. Berkaitan dengan ini, ada 4 manfaat menangis.

1. Meningkatkan mood

Menangis bisa menurunkan tingkat depresi seseorang. Dengan menangis, mood akan  terangkat kembali. Air mata yang dihasilkan dari tipe menangis karena luapan perasaan atau emosi mengandung 24% protein albumin yang bermanfaat dalam mengatur kembali sistem metabolisme tubuh. Air mata tipe ini jelas lebih baik dibanding air mata yang dihasilkan dari iritasi mata.


2. Mengurangi stress

Penelitian menyatakan bahwa air mata ternyata juga mengeluarkan hormon stres yang terdapat dalam tubuh yaitu endorphin leucine-enkaphalin dan prolactin.

3. Melegakan perasaan

Sepertinya, setiap orang merasakan hal ini setelah menangis. Setelah menangis, berbagai masalah dan cobaan yang mendera, kekesalan dan amarah yang menyesak,  serta goresan sakit hati biasanya berkurang dan muncullah perasaan lega.
Perasaan lega yang dialami seseorang setelah menangis muncul karena sistem limbik, otak dan jantung menjadi lancar. Karena itu, keluarkanlah masalah di pikiran dengan menangis, jangan dipendam karena bisa menjadi tangisan yang meledak-ledak. Malu menagis sesak di dada, tertahan menjadi ganjalan perasaan yang sewaktu-waktu bisa memporakporandakan pertahanan jiwa, rasa bahkan raga.
http://www.niahidayati.net/arti-menangis-dan-manfaat-air-mata.html

Tangisan dalam pandangan islam




Tangisan yang dalam kekuasaannya Yaitu Allah lah yang menyebabkan tangisan itu sebagaimana firman Allah swt dalam surat An-najm ayat 43: ( dan bahawasanya Dialah yang menjadikan orang tertawa dan menangis ).
Adapun tingkatan darjat tangisan yang paling tinggi adalah tangisan orang-orang yang khusuy’, tangisan kerana kerinduan, tangisan kerana takutnya kepada Allah swt, diriwayatkan dari Mua`wiyah bin Hayadah RA berkata, bersabda Rasululullah saw : Ada 3 mata yang tidak akan disentuh oleh api neraka: mata yang selalu menjaga di jalan Allah, mata yang menangis kerana takut kepada Allah, dan mata yang menjaga dari apa yang diharamkan oleh Allah swt.(At-targhiib wa Ttarhiib).

Dari Haisam bin Malik bahawasanya Rasulullah saw bersabda: Suatu hari Rasulullah saw khutbah, maka menangislah seorang laki-laki kerana khutbahnya Rasulullah saw, maka Rasulullah saw bersabda: kalaulah kalian menyaksikan seluruh mu`min pada hari ini mempunya dosa sebesar gunung, maka dosa-dosa mereka terampuni dengan menangisnya pemuda ini, kerana malaikat menangis dan mendoakannya: Ya Allah berilah syafaat pemuda ini yang tidak pernah menangis sebelumnya. (HR.AL-Baihaqi).

Klalau ingin promosi blog silahkana add facebook klik disini 

Atau anda bisa hubungi di email saya disini
 
Lalu kirim chat Fb anda ... untuk minta link ... Insyaallah akan di tanggapi dengan santun anda sopan kamipun segan 
Anda akan dikirimkan link berbagi dengan Komunitas Blogger Indonesia  

Ttd 
erickyonanda



6 komentar

Unknown mengatakan...

mantap infonya

Achmad Rizali mengatakan...

hahaha bener juga tuh gan :)


comment back yah :)
http://achmadrizali.blogspot.com/2013/04/andredrakecom-blog-informasi-terbaru_19.html

erickyonanda mengatakan...

thanks sudah mampir ke blog ini

erickyonanda mengatakan...

thanks sudah mampir ke blog ini

asuransioke mengatakan...

info mantap Gan, lam kenal ya, tks

erickyonanda mengatakan...

ya salam kenal juga ... thanks sudah mampir di blog ini ...