Header Ads

test

Ciri Ciri Orang Yang Mempelajari Silat Atau Silek


SILAHKAN SUBSCRIBE JIKA INFO INI BERMANFAAT 
ABAIKAN JIKA TIDAK


Ciri Ciri Orang Yang Mempelajari Silat Atau Silek

Semua orang tentunya memiliki ciri khas masing masing, ciri khas mereka itu sama dengan karakter dari masing-masing orang, Ada yang memiliki karakter pendiam,cerewet,sombong dan karakter orang lainnya.

Nah dari sifat karakter tersebut tentunya kita bisa melihat sifat atau watak yang dimiliki oleh seseorang tersebut, Contohnya kita bertemu seseorang di jalan dengan gaya jalan yang sangat kasar dan raut wajah yang keras ada kemungkinan bahwa orang tersebut memiliki watak yang keras dan tegah.

Begitupula halnya dengan seorang pandeka,masing-masing pandeka memiliki karakter yang berbeda dari masing-masing pandeka.

Namun bagaimana cara kita melihat apakah seseorang tersebut pandeka atau hanya orang biasa?

Beberapa ciri-ciri seorang Pandeka Silat atau Silek

  • Memiliki Gerak Reflek Silat saat terjadi sesuatu
Seorang pandeka akan memiliki gerak reflek Silatnya apabila terjadi sesuatu yang mengancam dirinya.
Gerak Reflek tersebut seperti langsung mengambil kuda-kuda atau langsung menggunakan jurus yang telah dipelajarinya.
Misalnya ada seorang pandeka yang sedang berjalan tiba-tiba dia terkejut karena sesuatu ada kemungkinan orang tersebut secara reflek mengueluarkan jurusnya,
Biasanya Hal ini terjadi kepada seorang pandeka yang masih dalam belajar namun bagi yang sudah putus kaji atau sudah tamat biasanya mereka bisa mengandilikan hal tersebut sesuai tempatnya.
  • Insting Seorang Pandeka Sangat Tajam
Tidak semua Silat yang melatih instingnya dalam latihannya. Seperti yang dilakukan Silek Tuo Minangkabau melatih instingnya saat latihan.

Sebagai contoh adalah Silek Langkah Tigo atau Silat Langkah Tiga, Silat ini sangat melakih insting seorang murid dalam proses latihan,setiap perguruan memiliki cara yang berbeda untuk melatih insting muridnya.
  • Sifat yang Ramah
Memang ada beberapa Pandeka memliki Sifat yang tidak ramah, Melainkan Pandeka yang memiliki sifat tidak ramah atau Emosinya tidak bisa terkendali berarti si pandeka tersebut tidak memiliki ilmu yang tinggi dibandingkan Pandeka lainnya.
Pandeka tersebut selalu menyombongkan ilmu yang dimilikinya,dia merasa bahwa Silatnya yang paling kuat dari segala Silat, pandeka seperti ini akan sangat di benci oleh orang bahkan Gurunya sendiri.
Berbeda dengan Pandeka yang sudah tamat atau Putus kajinya pasti memiliki sifat yang ramah dan sangat bisa menyesuaikan diri dengan lingkungannya, karena pandeka tersebut sudah tau bahwasanya dia bukanlah apa apa, karena di luar masih banyak orang yang lebih hebat dari pada dirinya.
  • Rajin Sholat
Khususnya seorang Pandeka Silek atau Silat Tuo pasti rajin sholat karena Silek Tuo Minangkabau tidak hanya mengajarkan Ilmu Silat kepada muridnya melainkan yang paling utama adalah Sholat.
Seorang Pandeka yang tidak sholat tidak akan ada gunanya, dari semua ilmu yang diajarkan oleh guru kepada muridnya mulai dari jurus sampai putus Kajinya yang paling utama adalah Sholat karena Sholat adalah Tiang agama,
Silat di ajarkan oleh seorang guru bukan hanya untuk membeladiri melainkan mendekatkan diri kita kepada allah,seorang yang sholat akan memiliki hati yang tenang.
SUMBER KLIK DISINI

Tidak ada komentar