Header Ads

test

SEJARAH NAMA SANGGAR MUDO BARAPI


SILAHKAN SUBSCRIBE JIKA INFO INI BERMANFAAT 
ABAIKAN JIKA TIDAK
Sejarah Nama Mudo barapi kota solok

Pendiri : Erik yonanda S.Pd.I

Pada awal pendirian sanggar mudo barapi Erick yonanda sebagai pendiri berasal dari sanggar talang sarumpun nagari saok laweh yang berubah nama menjadi talago parayunan. 
Awalnya erick belajar randai dari mak leman dan pak angah jasa dan Man Mancik beliau adalah awal dari mulai belajar randai Erick (pendiri).
Karena kesungguhan erick sehingga dia menjadi murid kepercayaan sehingga sampai akhirnya ditugaskan sebagai tukang gore (sebagai pemimpin dari pertunjukan randai) ...  
Erick juga sebagai pemain alat musik saluang bansi calempong gendang yang dipelajari pada masa sekolah dsmk n 1 solok kepada bapak afrizoni guru seni Kala itu, sekarang beliau mengajar di Sma 3 kota solok, kadang Erick juga membantu tukang dendang dalam berdendang.
Dikala itu sanggar Talago parayunan mulai kandas, karena Erick Alumni SMKN 1 SOLOK Ada salah seorang dari guru seni Smk N 1 yang kenal dengan Erick (Buk dewi guspita ), lalu guru seni tersebut mendengar erick belajar randai dikampung lalu guru seni tersebut meminta Erick untuk mengajar randai, erick menerima tawaran mengajar randai dengan ilmu seadanya, dengan semangat yang berapi api mengajar, namun Erick menyadari bahwa ilmu yang ada belum lah cukup, dari situlah mulai lah erick mencari ilmu seni, belajar dengan pembina seni dari pariwisata Kota Solok.
Disana Erick mulai mengenal apa itu seni dan berteman dan mulai berteman Dengan orang seni pada umumnya lulusan ISI padang panjang, kemudian menuangkan ilmu itu Di SMK N 1 Solok  sehingga membuahkan hasil, randai Smk N 1 Solok dapat juara 1 randai tingkat profinsi Sumatra barat Di pagaruyung dengan bimbingan dinas Pariwisata Kota solok. 
Sehingga dengan prestasi itu lah mulai lah randai Dismk N 1 kota Solok di kenal dan mulai banyak permintaan anggota randai dijadikan untuk acara acara kota solok, dengan tidak melewatkan waktu dan kesempatan itu Erick juga ikut mengikuti permintaan itu sama sama belajar Dengan siswa Smk N 1 Solok dengan bimbingan pariwisata kota Solok. 

Sehingga munculah inisiatif oleh erick untuk mendirikan sanggar, dorongan dari salah seorang pegawai pariwisata kota Solok juga ada menganjurkan supaya erick mendirikan sanggar, sehingga erick mendirikan sebuah sanggar. 

Pertama Erick tidak membuat pengurusan terlebih dahulu tapi mencari nama terlebih dahulu.

Ketika sedang melatih randai di Smk N 1 Solok Erick mulai lah membuka pembicaraan bahwa Erick Akan mendirikan sebuah sanggar seni randai dikota Solok.

Erick minta pendapat kepada anggota Randai Smk N 1 Solok "Kira Kira apa nama yang akan saya berikan untuk sanggar ini?" 

Kemudian mereka menjawab berbagai macam usulan kemudian erick juga mengeluarkan pendapat tentang MUDO, kemudian mereka berbagai macam ulasan 
Ada yang menyatakan mudo barangin, barasok, baraiae Dan sampai ketitik akhirnya MUDO BARAPI sehingga di mudo barapi erick menetujui dan diambilah nama MUDO BARAPI sebagai nama sanggar hingga sekarang
Bahkan nama chanel yang didirikan oleh Erick diberi nama MUDO BARAPI.


Tidak ada komentar